Sunday, November 8, 2009

TAMAN NASIONAL LAUT KEPULAUAN KARIMUNJAWA




Kawasan ini terletak di laut Jawa kurang lebih 83 km dari Kota Jepara menuju arah utara. Obyek ini merupakan kepulauan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional laut Karimunjawa. luas daratan 7.120 Ha dengan pulau berjumlah 27 buah, namun yang berpenghuni hanya 5 buah. yaitu Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting. dengan hamparan pemandangan di sela-sela pulau, pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dengan pohon kelapa. Terdapat 242 jenis ikan hias, serta 133 genera fauna akuatik. Pantai-pantai di Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam dan memancing.
Secara garis besar fauna yang ada di Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 2 (dua ) kelompok, yaitu :
1.Daratan : Rusa, Trenggiling, Landak, Ular, Bangau Tong tong, Bangau Abu-abu, Elang laut dan Wedi-wedi. Burung elang laut merupakan satwa langka yang dapat dijumpai di kepulauan ini.
2.Perairan : Terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu dan ikan hias.


Akses
Dengan kapal motor, karimun jawa dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Atau melalui Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.


Fasilitas
Hotel, rumah penginapan, restoran atau rumah makan, kios cinderamata. terdapat juga  penyewaan peralatan menyelam, memancing, renang, dan lainnya. Di kawasan Taman Nasional laut ini juga telah dibangun “Kura-Kura Resort” yang merupakan kawasan peristirahatan dengan fasilitas lux, yang merupakan milik investor asing.


Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Karimunjawa :
1.Olah raga selam : di Tanjung Gelam ( di Karimunjawa ), Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara Kecil.
2.Mandi di Pantai dan Berjemur, cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar yang berpasir putih dan Pulau Cemara Kecil.
3.Mengunjungi Pulau Menjangan Besar untuk melihat penangkaran ikan hiu, atau menguji keberanian anda dengan berenang bersama ikan hiu yang pastinya akan di temani oleh pemandu.




No comments:

Post a Comment