Saturday, November 14, 2009

Museum Nasional

       Gedung ini didirikan oleh sebuah lembaga ilmu pengetahuan Bataviasche Genootschap van Kunsten en Wetenschappen pada tahun 1778, terletak di Jl. Medan Merdeka Barat no: 12. Di depannya terdapat sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu hadiah dari raja Chulalongkorn dari Siam (Thailand) saat mengunjungi Batavia pada tahun 1871 Oleh sebab itu museum Nasional kerap disebut juga Museum Gajah.
        Museum Gajah memiliki sejumlah besar benda-benda kebudayaan yang berasal dari berbagai suku atau etnis yang ada di Indonesia seperti pakaian, instrumen musik, model-model rumah adat dan sebagainya. Disini juga terdapat sejumlah besar barang-barang dari tembaga yang berasal dari masa ketika Hindu berjaya di Jawa.
        Museum juga memiliki koleksi batu bersejarah yang berhasil diselamatkan dari candi-candi di Jawa tengah dan tempat-tempat lainnya. Disini terdapat juga koleksi keramik Cina yang sangat bagus yang berasal dari masa dinasti Han (300 tahun sebelum Masehi hingga 220 tahun setelah Masehi) yang semuanya ditemukan di Indonesia. Museum Nasional juga memiliki peta timbul Indonesia yang sangat besar dan juga peta etnis yang juga tak kalah besarnya.

No comments:

Post a Comment