Monday, November 2, 2009

Monumen Nasional (MONAS)

Monumen Nasional (Monas) setinggi 132 meter yang terletak di tengah Lapangan Merdeka ini telah menjadi simbol dari kota Jakarta. Di puncak monument terdapat simbol api berkobar terbuat dari logam perunggu berlapis emas seberat 35 Kg yang melambangkan kekuatan dan kemandirian bangsa Indonesia. Seluruh dinding Monas dilapisi marmer dari Italia. Monas adalah salah satu proyek Presiden Soekarno yang dibangun dengan biaya yang sangat mahal, Pembangunan Monas dimulai tahun 1961, namun baru bisa diselesaikan pada tahun 1975 dan dibuka secara resmi oleh Presiden Soeharto. Di lantai dasar Monas terdapat Museum Sejarah Nasional yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam bentuk diorama. Juga terdapat Ruang Kemerdekaan dimana pengunjung dapat menyaksikan teks proklamasi yang asli serta mendengarkan suara pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno. Tugu yang menjulang hingga ketinggian 137 meter ini dicapai dengan menggunakan lift dan pengunjung dapat menyaksikan panorama kota Jakarta dan saat ini dikembangkan sebagai areal penting yang menjadi paru-paru kota dan sebagai tempat kegiatan sosial budaya sekaligus sebagai arena olahraga dan rekreasi. Pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan tradisional Betawi yaitu delman yang dilengkapi aksesoris khas daerah ini.

Akses
Monumen Nasional terletak di Jl. Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus kota, taksi, dan lainnya.

Fasilitas
Museum Sejarah Nasional, Taman Monas untuk bersantai, delman untuk berkeliling sekitar monas, sarana olah raga seperti lapangan bola mini dan lainnya. Untuk menginap, terdapat banyak hotel yang terletak tidak jauh dari Monas, dan juga restoran di sekitar kawasan Monas. (kop/s)

No comments:

Post a Comment