Sunday, October 4, 2009

TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat TMII merupakan tempat rekreasi populer bagi warga Jakarta maupun warga Indonesia lainnya bahkan Mancanegara. TMII mempunyai banyak wahana rekreasi yang menarik, di tempat ini juga tersedia miniatur Indonesia secara lengkap, berbagai macam rumah adat dari seluruh Indonesia terdapat di taman ini, dan setiap rumah adat memamerkan kerajinan tangan, pakaian daerah dan barang-barang lainnya yang mewakili kebudayaan daerah masing-masing. Terdapat juga sebuah danau buatan yang menggambarkan kepulauan Indonesia berukuran kecil.
Akses
Taman Mini Indonesia Indah terletak di Jakarta Timur, sekitar 25 km dari pusat kota Jakarta, berjarak sekitar 2 km dari terminal Kampung Rambutan, lebih kurang 5 km dari bandara udara Halim Perdana Kusuma, dan 200 meter dari gerbang tol Jagorawi.
Bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyewa mobil atau bus, menggunakan taksi, angkutan umum atau angkutan kota:
  • Metro Mini T. 45 (Pulogadung-PT.II TMII)
  • Angkot KWK S. 15 A (Ragunan - PT. II TMII)
  • Angkot KWK T. 01 (Cililitan - Bambu Apus)
  • Angkot KWK T. 02 (Cililitan - Cipayung)
  • Angkot KWK T. 05 (Cililitan - Setu)
  • Angkot KWK P. 15 (Cililitan - Cilangkap)
  • Angkot KWK K. 40 (Bekasi-Kmp. Rambutan)
  • Angkot KWK S. 19 (Depok - Pinang Ranti)
  • Bus Gandeng PPD BT. 03 (Grogol - TMII).
Fasilitas
Restoran, Toko souvenir. Anjungan daerah yang memamerkan rumah adat, benda-benda budaya, pentas seni, upacara adat, pakaian daerah, dan lainnya yang bersangkutan dengan kebudayaan daerah masing-masing. Museum yang memamerkan koleksi sejarah, budaya, serta teknologi masa lalu dan masa kini, terdapat 15 museum, diantaranya Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Pusaka, Museum Migas, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Terdapat juga berbagai macam wahana rekreasi seperti Taman Burung, Taman Akuarium Air Tawar, dan Taman Bunga Keong Emas, serta berbagai wahana inovatif, seperti Istana Anak Anak Indonesia, Teater Imax Keong Emas, Teater 4D’Motion, Kereta Gantung (skylift), “monorel” Aeromovel; serta Taman Budaya Tionghoa Indonesia.

Kegiatan yang dapat dilakukan
Di TMII anda dapat berkeliling menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan yang terdapat di dalam TMII, berkeliling menaiki Kereta Gantung (skylift), atau menggunakan monorel, pengunjung juga bisa mengunjungi berbagai macam wahana rekreasi, seperti taman anggrek, taman burung, atau menonton film di Teater Imax Keong Emas. Taman Mini Indonesia Indah memiliki fasilitas dan wahana rekreasi yang sangat lengkap untuk rekreasi bersama keluarga dan berwisata ke TMII merupakan sarana pendidikan, menambah pengetahuan, pelestarian, serta dapat mengetahui nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment