Thursday, September 23, 2010

Museum House Of Sampoerna

Sekilas Mengenai H.O.S (House Of Sampoerna)

Terletak di "Surabaya lama", ini kelihatan megah karena adanya gaya kolonial Belanda yang dibangun pada 1862 dan sekarang menjadi situs bersejarah . Sebelumnya tempat ini digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda,setelah itu pada tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, dengan maksud itu digunakan sebagai pabrik rokok Sampoerna pertama dan terbesar.
Tempat ini terdiri dari sebuah auditorium sentral besar, dua bangunan kecil di sisi barat dan timur dan sejumlah besar cerita, tunggal, struktur ruang terbuka di belakang pusat auditorium. Bangunan-bangunan samping dikonversi menjadi keluarga tempat tinggal dan gudang struktur seperti besar digunakan untuk mengakomodasi fasilitas untuk pengolahan tembakau dan cengkeh,pencampuran pencetakan, tangan-rolling dan kemasan, percetakan dan finishing.
Sampai hari ini, tempat ini masih berfungsi sebagai tempat produksi untuk rokok paling bergengsi di Indonesia, Dji Sam Soe. Di peringatan ulang tahun ke 90 Sampoerna di tahun 2003, kompleks pusat telah susah payah dipulihkan dan sekarang terbuka untuk umum.
Auditorium sentral asli sekarang menjadi museum dan timur sisi telah berubah menjadi sebuah struktur unik yang berisi sebuah café, kios merchandise dan galeri seni. Bangunan di sisi barat kediaman keluarga tetap resmi.

Lokasi
House of Sampoerna terletak pada kota tua, di bagian utara Surabaya. Tempat ini dekat ke pusat kota dan hanya beberapa blok dari China Town dan Kampung Arab (Masjid Ampel), selain itu juga dekat dengan jembatan merah (lokasi bersejarah) dan Tugu Pahlawan (monumen kebanggaan Indonesia di Surabaya). Taksi cukup murah dan merupakan cara yang paling nyaman bagi wisatawan untuk pergi sekitar Surabaya. Tempat parkir cukup luas dan tanpa biaya. Tetapi terkadang tempat parkir penuh, pengunjung dapat memarkir mobil dengan aman pada pinggir jalan (satu kali biaya parkir mungkin berlaku).

Jam buka museum
Senin-Minggu : pukul 09.00-22.00 WIB

Tiket masuk : Gratis

Transportasi:
a. Dari Stasiun KA : 3 Km
b. Dari Pelabuhan Laut Tanjung Perak : 5 Km
c. Dari Terminal Bus Bungurasih : 20 Km
d. Dari Bandara Udara Juanda : 33 Km

No comments:

Post a Comment