Monday, June 21, 2010

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan obyek wisata di Jawa Timur yang selalu ramai dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara, bahkan mereka betah berhari-hari tinggal disana. Gunung bromo berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan pemandangannya sangat menakjubkan berada pada ketinggian 1000-3.676 meter dpl. Di bagian utara pegunungan Tengger terdapat Kaldera Tengger yang sangat indah dan menarik bergaris tengah 8-10 km. Dindingnya yang terjal berketinggian antara 200-700 meter dan dasar Kaldera berupa laut pasir seluas 5.290 ha. Wisata alam dengan obyek utama kawah Gunung Bromo serta perpaduan matahari terbit di ufuk timur, suatu sensasi tersendiri. Wisatawan dapat merasakan perjalanan yang mengasyikkan di waktu dini hari dengan melewati lautan pasir yang luas dan menaiki tangga menuju puncak. Wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit (sunrise), menunggang kuda atau menyewa jeep untuk berkeliling melewati lautan pasir. Salah satu ritual budaya yang populer berkaitan dengan Gunung Bromo adalah upacara Kesada, upacara Kesada merupakan upacara untuk memohon panen yang berlimpah atau meminta tolak bala dan kesembuhan atas berbagai penyakit dengan cara melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo sebagai persembahan. Upacara ini biasanya dimulai pada saat tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kesodo (ke-sepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Akses
Perjalanan melalui pintu barat dari arah pasuruan yaitu masuk dari desa Tosari untuk menuju ke pusat obyek wisata (lautan pasir) terbilang berat karena medan yang harus ditempuh tak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 biasa ini dikarenakan jalan turunan dari penanjakan kearah lautan pasir sangatlah curam, kecuali kita menyewa jip yang disediakan oleh pengelola wisata, jadi wisatawan banyak yang berjalan kaki untuk menuju ke pusat lokasi. Namun apabila kita melalui pintu utara dari arah sebelum masuk Probolinggo yaitu pada daerah Tongas, kita akan menuju desa Cemoro Lawang sebelum turun menuju lautan pasir maka tidaklah terlalu berat dikarenakan turunan dari lerengnya tidaklah terlalu curam sehingga sepeda motor pun dapat melaluinya. Kebanyakan para wisatawan yang ingin mudah mencapai lautan pasir melewati jalur ini. Namun bila anda ingin menyaksikan sunrise yang sering ditampilkan di foto-foto, yang banyak difoto dari puncak penanjakan maka anda lebih praktis melewati jalur pintu barat.

Fasilitas
Di sekitar Bromo terdapat losmen sampai hotel berbintang, warung makan, kios-kios cinderamata, di area Gunung Bromo terdapat warga yang menyewakan kuda, dan jeep untuk berkeliling.

No comments:

Post a Comment